Ringkasan Artikel - MANOVA Satu Jalur
Effects of technology-integrated
formative assessment on students' conceptual and procedural knowledge in chemical equilibrium
Link
Artikel : https://eric.ed.gov/?id=EJ1381173
ISSN
: 2089-9823
Penulis : Tadesse Hagos, Dereje, Andargie
Pendahuluan
Permasalahan
tentang kapasitas berpikir mikro dan makro peserta didik telah banyak
memunculkan banyak metode penyelesaian yang
digunakan secara tatap muka dan dalam konteks pembelajaran dengan meningkatkan
pemanfaatan teknologi (TEL). Solusi berbasis teknologi berpotensi dan
berpeluang besar untuk menampilkan fenomena dinamis yang berubah seiring
berjalannya waktu dan membuat hal-hal yang tidak terlihat menjadi terlihat. Banyak
metode yang telah dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan perubahan metodologis
dalam cara pengajaran, penyelidikan menyeluruh terhadap kesalahpahaman, dan
pengakuan terhadap sifat kesalahan yang terus-menerus. Dalam hal ini metode
yang emmiliki efektivitas tinggi adalah adanya penilaian formatif. Penilaian
formatif membantu proses pengajaran individual, meningkatkan partisipasi siswa,
mengumpulkan informasi diagnostik terperinci, dan menawarkan umpan balik yang
cepat.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penilaian formatif yang yang
sesuai dengan menggabungkan kegiatan berbasis teknologi dan disiplin ilmu,
mempengaruhi pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam mempelajari
kesetimbangan kimia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah
penggunaan penilaian formatif terintegrasi teknologi berdampak pada pengetahuan
konseptual dan prosedural siswa? Dan Bagaimana penilaian formatif terencana dan
terintegrasi teknologi dapat membantu pengajaran dan pembelajaran kesetimbangan
kimia selama pembelajaran intervensi?
Metode
Desain
penelitian adalah mix method. Pendekatan
utama menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif digunakan sebagai
pendekatan sekunder untuk mendukung proses. Data kuantitatif dan kualitatif
dikumpulkan secara bersamaan melalui intervensi, sehingga menawarkan penelitian
ini keunggulan data kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian selanjutnya
dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif untuk menentukan mean dan
standar deviasi serta statistik inferensial dengan menggunakan one way ANOVA,
one way MANOVA, dan korelasi Pearson product moment.
Hasil
dan Pembahasan
MANOVA
satu arah digunakan untuk menilai efek kombinasi linier dari variabel dependen
pengetahuan konseptual dan prosedural pada ketiga kelompok. Ditemukan bahwa
pengaruh MANOVA signifikan secara statistik. F yang besar ini menunjukkan
adanya perbedaan yang cukup besar antara ketiga kelompok berdasarkan kombinasi
linier nilai tes konseptual dan prosedural. Faktor kelompok menyumbang sekitar
19% dari variasi multivariat variabel dependen. Tingkat pengetahuan konseptual
dan prosedural kelompok TIFA sedikit lebih tinggi dibandingkan kelompok FA saja.
Dalam skor rata-ratanya, kelompok FA dan CM menunjukkan tingkat kompetensi
konseptual dan prosedural yang kira-kira sebanding. Kelompok FA dan CM
menunjukkan tingkat keahlian konseptual dan prosedural yang hampir sama dalam
skor rata-rata mereka.
Kesimpulan
Penilaian
formatif terintegrasi dengan teknologi
mengungguli teknik tradisional dan strategi penilaian formatif saja dalam
meningkatkan pemahaman konseptual dan praktis siswa tentang kesetimbangan
kimia. Demikian pula, ketika proses penilaian formatif terintegrasi teknologi
digunakan, observasi kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang kuat
untuk belajar. Proses penilaian formatif yang terintegrasi teknologi terbukti
lebih efektif dibandingkan dua kelompok lainnya dalam meningkatkan pemahaman
konseptual dan prosedural siswa ketika mempelajari kesetimbangan kimia.
Komentar
Posting Komentar