Ringkasan Artikel - Uji ANCOVA

 

EFFECTIVENESS OF BLENDED PHYSICS LABORATORY EXPERIMENTATION ON PRESERVICE PHYSICS TEACHERS’ UNDERSTANDING OF THE NATURE OF SCIENCE

Penulis            : Zemenu Mihret, Mekbib Alemu, Shimeles Assefa

e-ISSN            : 2468-4929

Link Jurnal    : https://eric.ed.gov/?q=one+way+ancova+physics&id=EJ1380913

 Oleh : Ivan Danar Aditya Irawan (230321810991)            


Pendahuluan

Banyak penelitian dan riset terdahulu telah dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan efektivitas kerja praktek dan eksperimen laboratorium dengan metode pembelajaran lainnya di sekolah. Banyak terjadi pro dan kontra antara pendukung eksperimen langsung dengan eksperimen virtual. Kelompok yang mendukung eksperimen secara langsung (nyata) memberikan pendapat dan bukti bahwa keterliatan langsung melalui kegiatan real dalam pembelajaran dapat melatih dan meningkatkan memori sadar dan pembelajaran sains/fisika.  Sedangkan kelompok lain yang mendukung eksperimen secara virtual menjelaskan bahwa eksperimen ini lebih memberikan keuntungan ketika digunakan dalam pembelajaran jika dibandingkan dengan eksperimen nyata atau real.

Kelompok yang cenderung menyukai eksperimen secara virtual dibandingkan eksperimen nyata/fisik adalah kelompok akademisi. Namun, banyak juga kritik yang muncul akibat adanya eksperimen virtual karena dinilai menghilangkan langkah atau manipulasi langsung siswa saat praktikum secara nyata. Berdasarkan perbedaan tersebut maka penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan eksperimen laboratorium fisika campuran terhadap pemahaman Hakikat IPA Guru Fisika Prajabatan pada mata kuliah laboratorium listrik dan magnet.


Metode

Penelitian menggunakan quasi eksperimen non-ekuivalen dengan desain pre-test-post-test. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian adalah kuesioner VNOS dengan 14 item yang diadaptasi dari Findlay dan Souter (2008), dan enam pertanyaan terbuka yang dirancang untuk mengumpulkan pandangan PSPT tentang komponen NOS yang diambil dari literatur (Liang, et al.). Kuesioner kuantitatif diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Selanjutnya detelah adanya perlskusn semua peserta menulis 6 elemen NOS yang dipilih untuk mendukung data kuantitatif. Balasannya diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: pandangan naif, campuran, dan informasi. Asumsi terhadap data kuantitatif dilakukan pengujian untuk menentukan jenis teknik analisis data yang tepat. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, ANOVA satu arah dan ANCOVA.

Hasil dan Pembahasan

Sebelum dilakukan analisis statistik deskriptif dan Uji ANOVA serta ANCOVA dilakukan uji prasyarat normalitas

Statistik deskiptif dailakukan ebrdasarkan data hasil kuesioner dan dilakukan pengolahan data sebagai berikut.

Selanjutnya dilakukan analisis dengan one way ANOVA

Pengujian selanjutnya dengan uji one way ANCOVA didapatkasn hasil sebagai berikut


Kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa percobaan atau ekspermen dengan metode campuran, virtual, dan nyata menunjukkan hasil bahwa ketiganya tidak efektif dalam meningkatkan pemahaman NOS pada guru prajabatan. Terlepas dari jenis eksperimen yang digunakan, disarankan agar pertimbangan yang memadai diberikan pada masalah NOS dalam pembelajaran laboratorium untuk mendapatkan guru fisika yang terdidik dan terlatih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI MANCOVA : PARAMETRIK

Statistik Parametrik