Ringkasan Artikel - Uji ANCOVA
EFFECTIVENESS OF BLENDED PHYSICS
LABORATORY EXPERIMENTATION ON PRESERVICE PHYSICS TEACHERS’ UNDERSTANDING OF THE
NATURE OF SCIENCE
Penulis
: Zemenu
Mihret, Mekbib Alemu, Shimeles Assefa
e-ISSN : 2468-4929
Link
Jurnal : https://eric.ed.gov/?q=one+way+ancova+physics&id=EJ1380913
Pendahuluan
Banyak
penelitian dan riset terdahulu telah dilakukan dengan tujuan untuk
membandingkan efektivitas kerja praktek dan eksperimen laboratorium dengan
metode pembelajaran lainnya di sekolah. Banyak terjadi pro dan kontra antara
pendukung eksperimen langsung dengan eksperimen virtual. Kelompok yang
mendukung eksperimen secara langsung (nyata) memberikan pendapat dan bukti bahwa
keterliatan langsung melalui kegiatan real dalam pembelajaran dapat melatih dan
meningkatkan memori sadar dan pembelajaran sains/fisika. Sedangkan kelompok lain yang mendukung
eksperimen secara virtual menjelaskan bahwa eksperimen ini lebih memberikan
keuntungan ketika digunakan dalam pembelajaran jika dibandingkan dengan eksperimen
nyata atau real.
Kelompok
yang cenderung menyukai eksperimen secara virtual dibandingkan eksperimen
nyata/fisik adalah kelompok akademisi. Namun, banyak juga kritik yang muncul
akibat adanya eksperimen virtual karena dinilai menghilangkan langkah atau
manipulasi langsung siswa saat praktikum secara nyata. Berdasarkan perbedaan
tersebut maka penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan
eksperimen laboratorium fisika campuran terhadap pemahaman Hakikat IPA Guru
Fisika Prajabatan pada mata kuliah laboratorium listrik dan magnet.
Metode
Penelitian
menggunakan quasi eksperimen non-ekuivalen dengan desain pre-test-post-test. Instrumen
pengumpulan data dalam penelitian adalah kuesioner VNOS dengan 14 item yang
diadaptasi dari Findlay dan Souter (2008), dan enam pertanyaan terbuka yang
dirancang untuk mengumpulkan pandangan PSPT tentang komponen NOS yang diambil
dari literatur (Liang, et al.). Kuesioner kuantitatif diberikan sebelum dan
sesudah perlakuan. Selanjutnya detelah adanya perlskusn semua peserta menulis 6
elemen NOS yang dipilih untuk mendukung data kuantitatif. Balasannya
diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: pandangan naif, campuran, dan
informasi. Asumsi terhadap data kuantitatif dilakukan pengujian untuk
menentukan jenis teknik analisis data yang tepat. Data kemudian dianalisis
menggunakan statistik deskriptif, ANOVA satu arah dan ANCOVA.
Hasil
dan Pembahasan
Sebelum dilakukan
analisis statistik deskriptif dan Uji ANOVA serta ANCOVA dilakukan uji
prasyarat normalitas
Statistik deskiptif
dailakukan ebrdasarkan data hasil kuesioner dan dilakukan pengolahan data
sebagai berikut.
Selanjutnya dilakukan
analisis dengan one way ANOVA
Pengujian selanjutnya
dengan uji one way ANCOVA didapatkasn hasil sebagai berikut
Kesimpulan
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa percobaan atau ekspermen dengan metode campuran,
virtual, dan nyata menunjukkan hasil bahwa ketiganya tidak efektif dalam
meningkatkan pemahaman NOS pada guru prajabatan. Terlepas dari jenis eksperimen
yang digunakan, disarankan agar pertimbangan yang memadai diberikan pada
masalah NOS dalam pembelajaran laboratorium untuk mendapatkan guru fisika yang
terdidik dan terlatih.
Komentar
Posting Komentar