Ringkasan Artikel Uji Validitas dan Reliabilitas

 

Nama : Ivan Danar Aditya Irawan


VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ASESMEN KINERJA LITERASI SAINS PELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM

Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan22(2), 219-230.


Link Jurnal : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/19590 

Link Artikel : file:///C:/Users/USER/Downloads/19590-57132-1-PB.pdf

Kebaruan penelitian

Pengembangan asesmen kinerja literasi sains siswa yang secara spesifik membahas tentang literasi sains dan pendekatan STEM pada pendidikan formal setingkat SMP.

Latar Belakang

Perkembangan abad 21 menuntut manusia untuk memiliki berbagai keterampilan diantaranya berpikir kritis, kerjasama/berkolaborasi, ketangkasan dan adaptasi, berinisiasi dan berjiwa bisnis, komunikasi,  menganalisis, dan rasa ingin tahu. Proses pembelajara sains di sekolah hendaknya harus mampu menjawab setiap tantangan yang muncul seiring perkembangan zaman dan teknologi. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru sebagai sumber belajar dengan menggunakan metode ceramah dan penggunaan asesmen yang terbatas dengan metode tertulis. Asesmen tertulis yang dilakukan ternyata tidak sesuai dan mendukung penigkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan lain yang harus dimiliki siswa.

Metode

Artikel ini merupakan artikel bagian dari proses pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Secara lengkap langkah dan prosedur penelitian dilakukan sebagai berikut.

Dalam artikel ini secara khusus membahas proses uji validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja yang telah dikembangkan. Analisis validitas isi menggunakan formulir observasi dengan koefisien Aiken V, sedangkan validitas isi instrumen tes dianalisis menggunakan menggunakan CVI (Indeks Validitas Konten) Lawshe. Validitas empiris, reliabilitas instrumen tes dievaluasi dengan IRT (Item Response Theory). Hsil formulir observasi ditentukan  dengan ICC (Koefisien Korelasi Item).

Hasil dan Pembahasan

Data skor yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis validitas V Aiken dan dinyatakan valid >0,75 seperti pada gambar dibawah.

Respon uji coba tes tertulis selanjutnya dianalisis dengan IRT model Rasch berbantuan program QUEST dan BILOG MG. Hasil analisis menyatakan bahwa instrumen valid dengan INFIT MNSQ yang berada dalam rentang 0,77 sampai dengan 1,30. Selain itu hasil tes edtimasi juga mendapatkan hasil seperti pada tabel dibawah.

Distribusi nilai INFIT MNSQ dinyatakan sebagai berikut

Reliabilitas perangkat tes tulis dapat diperoleh dengan menggunakan bantuan program BILOG MG. Reliabilitas tersebut dapat dilihat pada grafik Total Information Curve (TIC) dan Standard Error of Measurement (SEM).



Kesimpulan

Berdasarkan nilai validitas isi V rubrik penskoran dan penilaian diri yang dikembangkan dinyatakan layak dan reliabel dengan nilai Reliabilitas Alfa melebihi 0,8 dan ICC dengan kriteria Excellent. Perangkat tes tulis terbukti valid dilihat dari sudut pandang content atau isi dengan nilai CVI sebesar 1 dan valid secara empirik karena sesuai dengan nilai INFIT MNSQ model Rasch. Berdasarkan Grafik TIC dan SEM, perangkat tes tulis dinyatakan reliabel untuk digunakan pada peserta didik dengan kategori sedang sampai dengan tinggi (-0,7 sampai dengan 6,7). Oleh karena itu, Asesmen kinerja Literasi Sains berbasis STEM layak digunakan karena telah memenuhi syarat dalam aspek validitas isi, validitas empiris dan reliabilitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI MANCOVA : PARAMETRIK

Statistik Parametrik