Ringkasan Artikel Uji Validitas dan Reliabilitas
Nama : Ivan Danar Aditya Irawan
VALIDITAS
DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ASESMEN KINERJA LITERASI SAINS PELAJARAN FISIKA
BERBASIS STEM
Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 22(2), 219-230.
Kebaruan
penelitian
Pengembangan asesmen
kinerja literasi sains siswa yang secara spesifik membahas tentang literasi
sains dan pendekatan STEM pada pendidikan formal setingkat SMP.
Latar
Belakang
Perkembangan abad 21 menuntut
manusia untuk memiliki berbagai keterampilan diantaranya berpikir kritis,
kerjasama/berkolaborasi, ketangkasan dan adaptasi, berinisiasi dan berjiwa
bisnis, komunikasi, menganalisis, dan
rasa ingin tahu. Proses pembelajara sains di sekolah hendaknya harus mampu
menjawab setiap tantangan yang muncul seiring perkembangan zaman dan teknologi.
Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada
guru sebagai sumber belajar dengan menggunakan metode ceramah dan penggunaan
asesmen yang terbatas dengan metode tertulis. Asesmen tertulis yang dilakukan
ternyata tidak sesuai dan mendukung penigkatan kemampuan pemecahan masalah dan
kemampuan lain yang harus dimiliki siswa.
Metode
Artikel ini merupakan artikel bagian dari proses pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Secara lengkap langkah dan prosedur penelitian dilakukan sebagai berikut.
Dalam artikel ini secara
khusus membahas proses uji validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja
yang telah dikembangkan. Analisis validitas isi menggunakan formulir observasi dengan
koefisien Aiken V, sedangkan validitas isi instrumen tes dianalisis menggunakan
menggunakan CVI (Indeks Validitas Konten) Lawshe. Validitas empiris, reliabilitas
instrumen tes dievaluasi dengan IRT (Item Response Theory). Hsil formulir
observasi ditentukan dengan ICC
(Koefisien Korelasi Item).
Hasil
dan Pembahasan
Data skor yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis validitas V Aiken dan dinyatakan valid >0,75
seperti pada gambar dibawah.
Respon uji coba tes
tertulis selanjutnya dianalisis dengan IRT model Rasch berbantuan program QUEST
dan BILOG MG. Hasil analisis menyatakan bahwa instrumen valid dengan INFIT MNSQ
yang berada dalam rentang 0,77 sampai dengan 1,30. Selain itu hasil tes
edtimasi juga mendapatkan hasil seperti pada tabel dibawah.
Distribusi nilai INFIT
MNSQ dinyatakan sebagai berikut
Reliabilitas perangkat
tes tulis dapat diperoleh dengan menggunakan bantuan program BILOG MG.
Reliabilitas tersebut dapat dilihat pada grafik Total Information Curve (TIC)
dan Standard Error of Measurement (SEM).
Kesimpulan
Berdasarkan nilai
validitas isi V rubrik penskoran dan penilaian diri yang dikembangkan
dinyatakan layak dan reliabel dengan nilai Reliabilitas Alfa melebihi 0,8 dan
ICC dengan kriteria Excellent. Perangkat tes tulis terbukti valid dilihat dari
sudut pandang content atau isi dengan nilai CVI sebesar 1 dan valid secara
empirik karena sesuai dengan nilai INFIT MNSQ model Rasch. Berdasarkan Grafik
TIC dan SEM, perangkat tes tulis dinyatakan reliabel untuk digunakan pada
peserta didik dengan kategori sedang sampai dengan tinggi (-0,7 sampai dengan
6,7). Oleh karena itu, Asesmen kinerja Literasi Sains berbasis STEM layak
digunakan karena telah memenuhi syarat dalam aspek validitas isi, validitas
empiris dan reliabilitas.
Komentar
Posting Komentar