Ringkasan Artikel Uji Normalitas dan Homogenitas

 

UJI EFFECT SIZE MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 PESISIR BARAT

 

Penulis Artikel :

Rahma Diani, Yuberti, Shella Syafitri

Link Jurnal

http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/126

Link Artikel

http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/126/116

 

Kebaruan Artikel

            Penggunaan media pembelajaran berbasis video dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble dengan berbantuan video pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Pendahuluan

Effect size memberikan gambaran capaian suatu variabel dapat memberikan pengaruh terhadap variabel lain yang digunakan dalam sebuah penelitian. Effect size juga dapat memetakan tingkat efektifitas suatu variabel dapat mempengaruhi variabel lain. Proses pembelajaran saat ini banyak ditemukan proses yang menggunakan metode dengan teacher centered (pembelajaran berfokus pada guru), text book oriented (pembelajaran berorientasi pada buku teks), dan masih menggunakan media pembelajaran yang seadanya bahkan tanpa neggunakan media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui effect size dari sebuah model pembelajaran scramble menggunakan video sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X MAN 1 Pesisir Barat pada konsep pengukuran.

 

Metode

Penelitian yang dibuat menggunakan metode quasi eksperimental dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes objektif dan instrumen observasi. Dalam melakukan analisis data didahului dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan selanjutnya uji effect size. Dalam ringkasan ini akan dijelaskan mengenai uji normalitas dan homogenitas.

 

Hasil dan Pembahasan

  • Uji Normalitas

Dilakukan untuk mengetahui apakah data terdistribusi normal ataupun tidak. Hasil pengujian dengan uji normalitas didapatkan bahwa data penelitian berdistribusi normal karena nilai L hitung (0,161052) < L tabel (0,1726)

  • Uji Homogenitas

Uji Homogenitas dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah data penelitian bersifat homogen atau seragam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi diperoleh nilai F tabel = 1,96 dan nilai F hitung = 1,166. Karena nilai F hitung lebih kecil daripada F tabel maka data bersifat homogen.

Hasil pengujian normalitas dan homogenitas ini digunakan sebagai syarat mutlak yang digunakan untuk menentukan analisis selanjutnya. Dan analisis data selanjutnya menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa model scramble dapat mempegaruhi hasil belajar peserta didik dengan effect size sebesar 79%.

 

Kesimpulan

Terdapat pengaruh siginifikan model pembelajaran Scramble dengan media video terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran kelas X MAN 1 Pesisir Barat, dengan nilai effect size sebesar 0,8.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI MANCOVA : PARAMETRIK

Statistik Parametrik