Ringkasan Artikel Uji Normalitas dan Homogenitas
UJI
EFFECT SIZE MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP
HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 PESISIR BARAT
Penulis
Artikel :
Rahma Diani, Yuberti,
Shella Syafitri
Link
Jurnal
http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/126
Link
Artikel
http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/126/116
Kebaruan
Artikel
Penggunaan media pembelajaran berbasis video dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble dengan berbantuan video
pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta
didik.
Pendahuluan
Effect
size memberikan gambaran capaian suatu variabel dapat memberikan pengaruh
terhadap variabel lain yang digunakan dalam sebuah penelitian. Effect size juga
dapat memetakan tingkat efektifitas suatu variabel dapat mempengaruhi variabel
lain. Proses pembelajaran saat ini banyak ditemukan proses yang menggunakan
metode dengan teacher centered (pembelajaran berfokus pada guru), text book
oriented (pembelajaran berorientasi pada buku teks), dan masih menggunakan media
pembelajaran yang seadanya bahkan tanpa neggunakan media pembelajaran. Penelitian
ini memiliki tujuan untuk mengetahui effect
size dari sebuah model pembelajaran scramble
menggunakan video sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar Fisika
peserta didik kelas X MAN 1 Pesisir Barat pada konsep pengukuran.
Metode
Penelitian
yang dibuat menggunakan metode quasi
eksperimental dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen tes objektif dan instrumen observasi. Dalam melakukan analisis
data didahului dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan selanjutnya
uji effect size. Dalam ringkasan ini
akan dijelaskan mengenai uji normalitas dan homogenitas.
Hasil dan Pembahasan
- Uji Normalitas
Dilakukan untuk mengetahui apakah data terdistribusi normal ataupun tidak. Hasil pengujian dengan uji normalitas didapatkan bahwa data penelitian berdistribusi normal karena nilai L hitung (0,161052) < L tabel (0,1726)
- Uji Homogenitas
Uji Homogenitas dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah data penelitian bersifat homogen atau seragam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi diperoleh nilai F tabel = 1,96 dan nilai F hitung = 1,166. Karena nilai F hitung lebih kecil daripada F tabel maka data bersifat homogen.
Hasil pengujian normalitas dan homogenitas ini digunakan sebagai syarat mutlak yang digunakan untuk menentukan analisis selanjutnya. Dan analisis data selanjutnya menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa model scramble dapat mempegaruhi hasil belajar peserta didik dengan effect size sebesar 79%.
Kesimpulan
Terdapat pengaruh siginifikan
model pembelajaran Scramble dengan media video terhadap hasil belajar peserta
didik pada materi pengukuran kelas X MAN 1 Pesisir Barat, dengan nilai effect
size sebesar 0,8.
Komentar
Posting Komentar