Ringkasan Artikel - Regresi Linear Berganda
Pengaruh Pembelajaran Daring Dan
Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Akuntansi Pada Masa Covid-19 di SMK
Bintang Nusantara Kota Tangerang Selatan
Penulis
Ferdiansyah, Dwi Septiani
Link Jurnal
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/LIAB/article/view/14641
Link Artikel
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/LIAB/article/view/14641/9296
Pendahuluan
Munculnya
COVID-19 mengakibatkan perubahan sistem
pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Dalam
pelaksanaannya tidak semua pelajar, siswa dan mahasiswa terbiasa belajar
melalui online. Apalagi guru dan dosen juga masih belum terbiasa memanfaatkan
teknologi secara maksimal. Pembelajaran daring menjadi pengalaman yang baru
bagi siswa/i SMK yang selama ini melakukan pembelajaran secara tatap muka.
Dalam pembelajaran daring ini, siswa/i lebih memiliki keleluasaan waktu belajar
sehingga dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap
minat belajar akuntansi pada masa covid-19 siswa/i jurusan Akuntansi dan
Keuangan Lembaga SMK Bintang Nusantara, Kota Tangerang Selatan, Banten.
Metode
Penelitian
ini dalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif, yaitu untuk
mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilakukan
pada siswa/i jurusan akuntansi dan keuangan lembaga kelas XI dan XII angkatan
2020- 2021 SMK Bintang Nusantara, Kota Tangerang Selatan. Pada penelitian ini
teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini
menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil dan Pembahasan
Analisis
regresi berganda merupakan suatu pengujian dalam rangka melihat pengaruh
variabel x terhadap variabel y seberapa besar yang dibuat dalam model
ekonometri.
koefisien determinasi
antara pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap minat belajar
akuntansi dapat dilihat dari tabel.
Dari perhitungan uji t dengan
menggunakan program SPSS diperoleh hasil sebagai berikut:
Kesimpulan
hasil
pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel pembelajaran daring dan media
pembelajaran secara simultan berpengaruh signikan terhadap minat belajar
akuntansi. Pengujian ini berhasil membuktikan hipotesis pertama yang menyatakan
bahwa secara simultan pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap minat
belajar akuntansi. Pengujian ini juga berhasil membuktikan hipotesis kedua yang
menyatakan bahwa secara parsial media pembelajaran terhadap minat belajar
akuntansi.
Ivan Danar Aditya Irawan
230321810991
Komentar
Posting Komentar