Ringkasan Artikel - Regresi Linear Berganda

 

Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Akuntansi Pada Masa Covid-19 di SMK Bintang Nusantara Kota Tangerang Selatan



Penulis

Ferdiansyah, Dwi Septiani

Link Jurnal

https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/LIAB/article/view/14641

Link Artikel

https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/LIAB/article/view/14641/9296

Pendahuluan

Munculnya  COVID-19 mengakibatkan perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Dalam pelaksanaannya tidak semua pelajar, siswa dan mahasiswa terbiasa belajar melalui online. Apalagi guru dan dosen juga masih belum terbiasa memanfaatkan teknologi secara maksimal. Pembelajaran daring menjadi pengalaman yang baru bagi siswa/i SMK yang selama ini melakukan pembelajaran secara tatap muka. Dalam pembelajaran daring ini, siswa/i lebih memiliki keleluasaan waktu belajar sehingga dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi pada masa covid-19 siswa/i jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Bintang Nusantara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

 

Metode

Penelitian ini dalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif, yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilakukan pada siswa/i jurusan akuntansi dan keuangan lembaga kelas XI dan XII angkatan 2020- 2021 SMK Bintang Nusantara, Kota Tangerang Selatan. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.

 

Hasil dan Pembahasan

Analisis regresi berganda merupakan suatu pengujian dalam rangka melihat pengaruh variabel x terhadap variabel y seberapa besar yang dibuat dalam model ekonometri.

koefisien determinasi antara pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi dapat dilihat dari tabel.

Dari perhitungan uji t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil sebagai berikut:

Kesimpulan

hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel pembelajaran daring dan media pembelajaran secara simultan berpengaruh signikan terhadap minat belajar akuntansi. Pengujian ini berhasil membuktikan hipotesis pertama yang menyatakan bahwa secara simultan pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi. Pengujian ini juga berhasil membuktikan hipotesis kedua yang menyatakan bahwa secara parsial media pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi.



Ivan Danar Aditya Irawan

230321810991

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI MANCOVA : PARAMETRIK