Ringkasan Artikel Asosiatif Parametrik

 

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MIA SMA N 1 MUARO JAMBI

 



Sitasi :

Utami, S. A., & Hendri, M. (2017). Hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas xi mia sma n 1 muaro jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika2(02), 58-67.

Link Jurnal 

https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4544

Link Artikel 

https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4544/8708

Pendahuluan

Lingkungan belajar merupakan semua hal yang berkaitan dengan lokasi dilaksanakannya proses pembelajaran. Lingkungan belajar meliputi dua hal utama yaitu lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Sekolah berperan sebagai lembaga resmi yang melaksanakan pendidikan formal berisi banyak program meliputi bimbingan, pelatihan, dan pengajaran untuk merangsang potensi masing-masing siswa. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi. Manfaat yang diperoleh selama penelitian adalah digunakan sebagai pedoman guru dalm melaksanakan pembelajaran.

Metode

Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kuantitatif jenis korelasional dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada tahun ajaran 2017/2018. Indtrumen menggunakan lembar angket dan tes hasil belajar fisika. Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat nurmalitas dan homogenutas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan korelasi product moment.

Hasil dan Pembahasan

Uji korelasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara dua sampel data dan untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat dan variabel bebas. Pengujian menggunakan taraf signifikasi 5%. Adapun hasil perhitungan hipotesis yang dilakukan secara manual untuk hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa r = 0,569 > α = 0,05 maka Ho ditolak atau dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dan hasil belajar. dan di dapatkan pula hasil dari thitung = 9, 217 dan ttabel t(α, n-2) = 1,980, ternyata thitung = 9, 217 > = 1,980. Ttabel maka Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi.

Kesimpulan

Hasil pengujian dengan korelasi product moment didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dan perbedaan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar fisika siswa.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI MANCOVA : PARAMETRIK

Statistik Parametrik