Ringkasan Artikel Asosiatif Parametrik
HUBUNGAN
LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MIA SMA N 1 MUARO
JAMBI
Sitasi
:
Utami, S. A., & Hendri, M. (2017). Hubungan
lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas xi mia sma n 1 muaro
jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(02), 58-67.
Link Jurnal
https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4544
Link Artikel
https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4544/8708
Pendahuluan
Lingkungan
belajar merupakan semua hal yang berkaitan dengan lokasi dilaksanakannya proses
pembelajaran. Lingkungan belajar meliputi dua hal utama yaitu lingkungan sosial
dan lingkungan fisik. Sekolah berperan sebagai lembaga resmi yang melaksanakan
pendidikan formal berisi banyak program meliputi bimbingan, pelatihan, dan
pengajaran untuk merangsang potensi masing-masing siswa. Penelitian yang
dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar
terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi. Manfaat yang
diperoleh selama penelitian adalah digunakan sebagai pedoman guru dalm
melaksanakan pembelajaran.
Metode
Penelitian
ini adalah penelitian asosiatif
kuantitatif jenis korelasional dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada tahun
ajaran 2017/2018. Indtrumen menggunakan lembar angket dan tes hasil belajar
fisika. Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat nurmalitas dan homogenutas
kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan korelasi product moment.
Hasil
dan Pembahasan
Uji
korelasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara
dua sampel data dan untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat dan
variabel bebas. Pengujian menggunakan taraf signifikasi 5%. Adapun hasil
perhitungan hipotesis yang dilakukan secara manual untuk hubungan lingkungan
belajar dengan hasil belajar siswa r = 0,569 > α = 0,05 maka Ho ditolak atau
dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dan
hasil belajar. dan di dapatkan pula hasil dari thitung = 9, 217 dan ttabel t(α,
n-2) = 1,980, ternyata thitung = 9, 217 > = 1,980. Ttabel maka Ho ditolak.
Artinya terdapat hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar
siswa kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi.
Kesimpulan
Hasil pengujian dengan
korelasi product moment didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dan perbedaan
signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar fisika siswa.
Komentar
Posting Komentar